MEMPERBAIKI AHLAK MANUSIA MELALUI SHOLAT YANG KHUSUK MENURUT AL-QUR’AN
Oleh: Kodiran Salim
Peneliti Independen Litas Kitab Suci
Assalamu’alaikum Waroh,atullahi Wabarokatuh
(Pembahasan Independen dan tidak mengikat)
Pengantar
Pikiran saya naik ke angkasa menerawang memikirkan ”mengapa Umat Islam Indonesia yang konon terbesar jumlahnya di seluruh dunia tetapi perilakunya seperti orang yang tidak beragama?.
Mereka syahadat, sholat, haji, puasa, zakat. Mereka mengaku beriman dsb dsb, tetapi mengapa terjadi pengeboman, pengrusakan dan bentuk-bentuk anarkis yang dilakukan oleh oknum yang beragama Islam. Sejauh mana pemahaman agama Islam bagi mereka.
Sholat adalah tiang agama apakah dengan perbuatan itu menegakkan agama Islam atau malah merusak citra agama Islam. Sholat adalah mencegah perbuatan keji dan mungkar. Tetapi mengapa sudah sholat masih berbuat keji dan mungkar.
PENGALAMAN SEJARAH BANGSA ISRAEL
Saya telah mempelajari sejarah Israel baik melalui Bibel maupun Al-Qur’an. Pada zaman Yotam, Ahas dan Hizkia, raja-raja Yehuda, yakni berkenaan dengan Samaria dan Yerusalem. Bangsa Israel mengalami kerusakan oral yang luar biasa. Oleh karena itu Allah sangat murka kepada bangsa Israel sehingga bangsa Israel diusir oleh Allah dari tanah yang Perjanjian melalui perantaraan bangsa Asyur yang dipimpin oleh Kaisar Salmaneser.
Yang menjadikan bangsa Israel diusir dari Palestina disebabkan moral bangsa Israel yang sudah rusak, tidak mengikuti hukum-hukum Allah (Taurat) lagi. Kerusakan moral bangsa Israel (Mikha 7:2-6) seperti berikut :
Pengalaman sejarah Bangsa Israel tersbut bisa dijadikan pelajaran bagi kita. Disini saya akan mengangkat lagi tema-tema yang sudah saya bahas secara mendetil kemudian akan saya ringkas untuk memudahkan pemahaman.
LANDASAN
ANCAMAN ALLAH BAGI YANG TIDAK MENGIKUTI PETUNJUK AL-QUR’AN.
Qs 20/100.Barang siapa berpaling daripada Al Qur’an maka sesungguhnya ia akan memikul dosa yang besar di hari kiamat,101. mereka kekal di dalam keadaan itu. Dan amat buruklah dosa itu sebagai beban bagi mereka di hari kiamat, 102.(yaitu) di hari (yang di waktu itu) ditiup sangkakala dan Kami akan mengumpulkan pada hari itu orang-orang yang berdosa dengan muka yang biru muram;
v SHOLAT
ARTI SHOLAT MENURUT AL-QUR’AN
Selama ini umat IsLam Indonesia memahami penertian sholat ialah doa, ibadah, berserah diri, perbuatan yang diawali dengan takbir dan diakhiri dengan salam.
Padahal menurut Al-Qur’an dalam Qs 11:3.114 SHOLAT itu artinya MOHON AMPUN DAN BERTOBAT kepada Allah.
Qs 11/114. Dan dirikanlah sholat itu pada kedua tepi siang (pagi dan petang) dan pada bahagian permulaan daripada malam. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu (sholat) menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat.
Qs 11/3. dan hendaklah kamu meminta ampun kepada Tuhanmu dan bertobat kepada-Nya. (Jika kamu, mengerjakan yang demikian), niscaya Dia akan memberi kenikmatan yang baik (terus menerus) kepadamu sampai kepada waktu yang telah ditentu-kan dan Dia akan memberi kepada tiap-tiap orang yang mempunyai keutamaan (balasan) keutama-annya. Jika kamu berpaling, maka sesungguhnya aku takut kamu akan ditimpa siksa hari kiamat.
Ilustrasi
Sholat adalah menghapus dosa (kesalahan)
Kalau saya mempunyai kesalahan kepada orang lain bagaimana cara saya menghapus kesalahan tersebut. Jawabnya yaitu dengan meminta maaf. Jadi meminta maaf adalah menghapus kesalahan (dosa) dan Sholat adalah mengapus dosa.
Jadi SHOLAT menurut Al-Qur’an artinya;.............................
MEMINTA MAAF atau MOHON AMPUN DAN BERTOBAT.
v KHUSUK
ARTI KHUSUK MENURUT AL-QUR’AN
Khusuk diartikan oleh sebagain besar umat Islam Indonesia dengan KONSENTRASI atau SUNGGUH-SUNGGUH.
Padahal menurut al-qur’an Qs 2:45,46 khusuk artinya MEYAKINI BAHWA DIRINYA AKAN MENEMUI TUHANNYA.
Qs 2/45.Dan mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan (menger jakan) sholat. Dan sesungguh nya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk, 46. (yaitu) orang-orang yang me yakini, bahwa mereka akan menemui Tuhannya, dan bahwa mereka akan kembali kepada-Nya.
Ilustrasi
Khusuk artinya meyakini, bahwa dirinya akan menemui Tuhannya. Untuk apa manusia menemui Tuhannya. Jawabnnya adalah untu mempertanggung jawabkan perbuatannya .
Qs 75/36. Apakah manusia mengira, bahwa ia akan dibiarkan begitu saja (tanpa pertanggung-jawaban)?
Jadi arti KHUSUK MENURUT AL-QUR’AN adalah BERTANGGUNG JAWAB ATAS PERBUATANNYA.
Contohnya keluarga Zakaria dalam Qs 21/89. Dan (ingatlah kisah) Zakaria, tatkala ia menyeru Tuhannya: “Ya Tuhanku janganlah Engkau mem-biarkan aku hidup seorang diri dan Engkaulah Waris Yang Paling Baik. 90. Maka Kami memperkenan kan doanya, dan Kami anugerahkan kepadanya Yahya dan Kami jadikan istrinya dapat mengandung. Sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang selalu ber segera dalam (mengerjakan) perbuatan-perbuatan yang baik dan mereka berdoa kepada Kami dengan harap dan cemas. Dan mereka adalah orang-orang yang khusyuk kepada Kami.
Zakaria dan keluarganya adalah orang-orang khusuk kepada Allah. Artinya keluarga Nabi Zakaria as adalah orang-orang ynag bertanggung jawab atas perbuatannya kepada Allah.
Jadi
SHOLAT YANG KHUSUK artinya MEMOHON AMPUN DAN BERTOBAT KEPADA ALLAH YANG DIPERTANGGUNG JAWABKAN.
Ilustrasi
Kalau saya sebagai anak berbuat salah kepada orang tua maka saya harus meminta maaf dan bertobat kepada orang tua. Biasanya orang tua yang bijaksana disamping memberi maaf kepada anaknya dan menasehati juga berpesan ”JANGAN DIULANGI LAGI YA !!”. Saya tidak menglangilagi perbuatan sakah tadi maka saya bertanggung jawab atas pemintaan maaf saya.
Kalau kita sholat berarti kita mohon mapun dan bertobat kepada Allah, maka sholat kita harus membuahkan. Buah sholat adalah MENCEGAH PERBUATAN KEJI DAN MUNGKAR.
Qs 29/45.Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al Qur’an) dan dirikanlah sholat. Sesungguhnya sholat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (sholat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadah-ibadah yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.
ARTINYA
Bacalah (pahami) apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al Qur’an) dan dirikanlah mohon dan bertobat. Sesungguhnya mohon dan bertobat. itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (mohon dan bertobat.) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadah-ibadah yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.
Setelah sholat harus mencegeh perbuatan keji dan mungkar atau mencegah berbuat dosa. Karena manusiacenderung selalu berbuat dosa (Qs 75/5. Bahkan manusia itu hendak membuat maksiat terus menerus.) maka Allah membatasi waktu-waktu dalam sholat. Tujuannya adalah agar ruang berbuat dosa bagi manusia menjadi sempit. Sehingga mudah mencegah perbuatan keji dan mungkar.
Dari subuh sampai dhuhur harus mencegah perbuatan keji dan mungkar.
2. Sholat dhuhur :
Dari Duhur sampai ashar harus mencegah perbuatan keji dan mungkar.
3. Sholat ashar :
Dari sahar sampai maghrib harus mencegah perbuatan keji dan mungkar.
4. Sholat maghrib :
Dari madhrib sampai isya harus mencegah perbuatan keji dan mungkar.
5. Sholat Isya :
Dari isya sampai subuh harus mencegah perbuatan keji dan mungkar.
KESIMPULAN
o SHOLAT artinya
MOHON AMPUN DAN BERTOBAT KEPADA ALLAH
o KHUSUK artinya
BERTANGGUNG JAWAB ATAS PERBUATANNYA
o SHOLAT YANG KHUSUK artinya
MOHON AMPUN DAN BERTOBAT YANG DIPERTANGGUNG JAWAB KAN.
v SHOLAT SUBUH YANG KHUSUK artinya
APABILA DARI SUBUH SAMPAI DHUHUR TIDAK BERBUAT DOSA.
v SHOLAT DHUHUR YANG KHUSUK artinya
APABILA DARI DHUHUR SAMPAI ASHAR TIDAK BERBUAT DOSA.
v SHOLAT ASHAR YANG KHUSUK artinya
APABILA DARI ASHAR SAMPAI MAGHRIB TIDAK BERBUAT DOSA.
v SHOLAT MAGHRIB YANG KHUSUK artinya
APABILA DARI MAGHRIB SAMPAI ISYA TIDAK BERBUAT DOSA.
v SHOLAT ISYA YANG KHUSUK artinya
APABILA DARI ISYA SAMPAI SUBUH TIDAK BERBUAT DOSA.
PENGERTIAN MENGERJAKAN SHOLAT DAN MENDIRIKAN SHOLAT
v MENGERJAKAN SHOLAT
Kalamullah
Qs 4/103. Maka apabila kamu telah menyelesaikan (mngerjakan) sholat (mu), ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring. ).
Ulasan
Setelah kita selesai mengerjakan sholat ingat Allah pada waktu berdiri. Maka kita harus mencegah perbuatan keji dan mungkar ketika kita berdiri. Karena perbuatan dosa bisa dilakukan dengan berdiri.
Setelah kita selesai mengerjakan sholat ingat Allah pada waktu duduk. Maka kita harus mencegah perbuatan keji dan mungkar ketika kita duduk Karena perbuatan dosa bisa dilakukan dengan duduk
Setelah kita selesai mengerjakan sholat ingat Allah pada waktu berbaring. Maka kita harus mencegah perbuatan keji dan mungkar ketika kita berbaring. Karena perbuatan dosa bisa dilakukan dengan berbaring.
v MENDIRIKAN SHOLAT
Kalamullah
Qs 29/45.Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al Qur’an) dan dirikanlah sholat.
Ulasan
Mendirikan sholat atau menegakkan sholat artinya kalau selesai sholat maka harus MENCEGAH berbuat dosa sampai sholat berikutnya.
Contoh.
v YANG MEMBATALKAN SHOLAT
Yang membatalkan MENGERJAKAN SHOLAT adalah KENTUT DLL.
Yang membatalkan MENDIRIKAN SHOLAT adalah BERBUAT DOSA.
IRONISNYA
Karena selama ini yang ditanamkan kepada umat Islam bahwa sholat yang khusuk itu adalah konsentrasi dalam gerakan dan bacaannya saja, bukan perilaku setelah sholat, maka banyak umat Islam YANG TIDAK MERUBAH PERILAKU SETELAH SHOLAT.
Dengan memahamkan ARTI SHOLAT YANG BENAR sesuai dengan Al-Qur’an dan Sunah maka insya Allah umat Islam akan berubah perilakunya sesuai petunjuk Allah dan Rasulullah saw. Tidak akan ada korupsi, pembunuhan, pencurian, perzinahan dan kejahatan-kejahatan lainya.
(BANDINGKAN
DENGAN SHOLAT YANG KHUSUK
MENURUT UZTAD ABU SANGKAN)
Ulil Albab
Assalamu’alaikum Waroh,atullahi Wabarokatuh
(Pembahasan Independen dan tidak mengikat)
Pengantar
Pikiran saya naik ke angkasa menerawang memikirkan ”mengapa Umat Islam Indonesia yang konon terbesar jumlahnya di seluruh dunia tetapi perilakunya seperti orang yang tidak beragama?.
Mereka syahadat, sholat, haji, puasa, zakat. Mereka mengaku beriman dsb dsb, tetapi mengapa terjadi pengeboman, pengrusakan dan bentuk-bentuk anarkis yang dilakukan oleh oknum yang beragama Islam. Sejauh mana pemahaman agama Islam bagi mereka.
Sholat adalah tiang agama apakah dengan perbuatan itu menegakkan agama Islam atau malah merusak citra agama Islam. Sholat adalah mencegah perbuatan keji dan mungkar. Tetapi mengapa sudah sholat masih berbuat keji dan mungkar.
PENGALAMAN SEJARAH BANGSA ISRAEL
Saya telah mempelajari sejarah Israel baik melalui Bibel maupun Al-Qur’an. Pada zaman Yotam, Ahas dan Hizkia, raja-raja Yehuda, yakni berkenaan dengan Samaria dan Yerusalem. Bangsa Israel mengalami kerusakan oral yang luar biasa. Oleh karena itu Allah sangat murka kepada bangsa Israel sehingga bangsa Israel diusir oleh Allah dari tanah yang Perjanjian melalui perantaraan bangsa Asyur yang dipimpin oleh Kaisar Salmaneser.
Yang menjadikan bangsa Israel diusir dari Palestina disebabkan moral bangsa Israel yang sudah rusak, tidak mengikuti hukum-hukum Allah (Taurat) lagi. Kerusakan moral bangsa Israel (Mikha 7:2-6) seperti berikut :
- orang saleh sudah hilang dari negeri,
- tiada lagi orang jujur di antara manusia.
- mereka semuanya mengincar darah,
- yang seorang mencoba menangkap yang lain dengan jaring.
- tangan mereka sudah cekatan berbuat jahat;
- pemuka menuntut,
- hakim dapat disuap;
- pembesar memberi putusan sekehendaknya,
- hukum, mereka putar balikkan!
- orang yang terbaik di antara mereka adalah seperti tumbuhan duri,
- yang paling jujur di antara mereka seperti pagar duri;
- anak laki-laki menghina ayahnya,
- anak perempuan bangkit melawan ibunya,
- menantu perempuan melawan ibu mertuanya;
- musuh orang ialah orang-orang seisi rumahnya.
- Janganlah percaya kepada teman,
- janganlah mengandalkan diri kepada kawan!
- Jagalah pintu mulutmu terhadap perempuan yang berbaring di pangkuanmu
Pengalaman sejarah Bangsa Israel tersbut bisa dijadikan pelajaran bagi kita. Disini saya akan mengangkat lagi tema-tema yang sudah saya bahas secara mendetil kemudian akan saya ringkas untuk memudahkan pemahaman.
LANDASAN
ANCAMAN ALLAH BAGI YANG TIDAK MENGIKUTI PETUNJUK AL-QUR’AN.
Qs 20/100.Barang siapa berpaling daripada Al Qur’an maka sesungguhnya ia akan memikul dosa yang besar di hari kiamat,101. mereka kekal di dalam keadaan itu. Dan amat buruklah dosa itu sebagai beban bagi mereka di hari kiamat, 102.(yaitu) di hari (yang di waktu itu) ditiup sangkakala dan Kami akan mengumpulkan pada hari itu orang-orang yang berdosa dengan muka yang biru muram;
v SHOLAT
ARTI SHOLAT MENURUT AL-QUR’AN
Selama ini umat IsLam Indonesia memahami penertian sholat ialah doa, ibadah, berserah diri, perbuatan yang diawali dengan takbir dan diakhiri dengan salam.
Padahal menurut Al-Qur’an dalam Qs 11:3.114 SHOLAT itu artinya MOHON AMPUN DAN BERTOBAT kepada Allah.
Qs 11/114. Dan dirikanlah sholat itu pada kedua tepi siang (pagi dan petang) dan pada bahagian permulaan daripada malam. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu (sholat) menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat.
Qs 11/3. dan hendaklah kamu meminta ampun kepada Tuhanmu dan bertobat kepada-Nya. (Jika kamu, mengerjakan yang demikian), niscaya Dia akan memberi kenikmatan yang baik (terus menerus) kepadamu sampai kepada waktu yang telah ditentu-kan dan Dia akan memberi kepada tiap-tiap orang yang mempunyai keutamaan (balasan) keutama-annya. Jika kamu berpaling, maka sesungguhnya aku takut kamu akan ditimpa siksa hari kiamat.
Ilustrasi
Sholat adalah menghapus dosa (kesalahan)
Kalau saya mempunyai kesalahan kepada orang lain bagaimana cara saya menghapus kesalahan tersebut. Jawabnya yaitu dengan meminta maaf. Jadi meminta maaf adalah menghapus kesalahan (dosa) dan Sholat adalah mengapus dosa.
Jadi SHOLAT menurut Al-Qur’an artinya;.............................
MEMINTA MAAF atau MOHON AMPUN DAN BERTOBAT.
v KHUSUK
ARTI KHUSUK MENURUT AL-QUR’AN
Khusuk diartikan oleh sebagain besar umat Islam Indonesia dengan KONSENTRASI atau SUNGGUH-SUNGGUH.
Padahal menurut al-qur’an Qs 2:45,46 khusuk artinya MEYAKINI BAHWA DIRINYA AKAN MENEMUI TUHANNYA.
Qs 2/45.Dan mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan (menger jakan) sholat. Dan sesungguh nya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk, 46. (yaitu) orang-orang yang me yakini, bahwa mereka akan menemui Tuhannya, dan bahwa mereka akan kembali kepada-Nya.
Ilustrasi
Khusuk artinya meyakini, bahwa dirinya akan menemui Tuhannya. Untuk apa manusia menemui Tuhannya. Jawabnnya adalah untu mempertanggung jawabkan perbuatannya .
Qs 75/36. Apakah manusia mengira, bahwa ia akan dibiarkan begitu saja (tanpa pertanggung-jawaban)?
Jadi arti KHUSUK MENURUT AL-QUR’AN adalah BERTANGGUNG JAWAB ATAS PERBUATANNYA.
Contohnya keluarga Zakaria dalam Qs 21/89. Dan (ingatlah kisah) Zakaria, tatkala ia menyeru Tuhannya: “Ya Tuhanku janganlah Engkau mem-biarkan aku hidup seorang diri dan Engkaulah Waris Yang Paling Baik. 90. Maka Kami memperkenan kan doanya, dan Kami anugerahkan kepadanya Yahya dan Kami jadikan istrinya dapat mengandung. Sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang selalu ber segera dalam (mengerjakan) perbuatan-perbuatan yang baik dan mereka berdoa kepada Kami dengan harap dan cemas. Dan mereka adalah orang-orang yang khusyuk kepada Kami.
Zakaria dan keluarganya adalah orang-orang khusuk kepada Allah. Artinya keluarga Nabi Zakaria as adalah orang-orang ynag bertanggung jawab atas perbuatannya kepada Allah.
Jadi
SHOLAT YANG KHUSUK artinya MEMOHON AMPUN DAN BERTOBAT KEPADA ALLAH YANG DIPERTANGGUNG JAWABKAN.
Ilustrasi
Kalau saya sebagai anak berbuat salah kepada orang tua maka saya harus meminta maaf dan bertobat kepada orang tua. Biasanya orang tua yang bijaksana disamping memberi maaf kepada anaknya dan menasehati juga berpesan ”JANGAN DIULANGI LAGI YA !!”. Saya tidak menglangilagi perbuatan sakah tadi maka saya bertanggung jawab atas pemintaan maaf saya.
Kalau kita sholat berarti kita mohon mapun dan bertobat kepada Allah, maka sholat kita harus membuahkan. Buah sholat adalah MENCEGAH PERBUATAN KEJI DAN MUNGKAR.
Qs 29/45.Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al Qur’an) dan dirikanlah sholat. Sesungguhnya sholat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (sholat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadah-ibadah yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.
ARTINYA
Bacalah (pahami) apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al Qur’an) dan dirikanlah mohon dan bertobat. Sesungguhnya mohon dan bertobat. itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (mohon dan bertobat.) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadah-ibadah yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.
Setelah sholat harus mencegeh perbuatan keji dan mungkar atau mencegah berbuat dosa. Karena manusiacenderung selalu berbuat dosa (Qs 75/5. Bahkan manusia itu hendak membuat maksiat terus menerus.) maka Allah membatasi waktu-waktu dalam sholat. Tujuannya adalah agar ruang berbuat dosa bagi manusia menjadi sempit. Sehingga mudah mencegah perbuatan keji dan mungkar.
1. Sholat subuh :
Dari subuh sampai dhuhur harus mencegah perbuatan keji dan mungkar.
2. Sholat dhuhur :
Dari Duhur sampai ashar harus mencegah perbuatan keji dan mungkar.
3. Sholat ashar :
Dari sahar sampai maghrib harus mencegah perbuatan keji dan mungkar.
4. Sholat maghrib :
Dari madhrib sampai isya harus mencegah perbuatan keji dan mungkar.
5. Sholat Isya :
Dari isya sampai subuh harus mencegah perbuatan keji dan mungkar.
KESIMPULAN
o SHOLAT artinya
MOHON AMPUN DAN BERTOBAT KEPADA ALLAH
o KHUSUK artinya
BERTANGGUNG JAWAB ATAS PERBUATANNYA
o SHOLAT YANG KHUSUK artinya
MOHON AMPUN DAN BERTOBAT YANG DIPERTANGGUNG JAWAB KAN.
v SHOLAT SUBUH YANG KHUSUK artinya
APABILA DARI SUBUH SAMPAI DHUHUR TIDAK BERBUAT DOSA.
v SHOLAT DHUHUR YANG KHUSUK artinya
APABILA DARI DHUHUR SAMPAI ASHAR TIDAK BERBUAT DOSA.
v SHOLAT ASHAR YANG KHUSUK artinya
APABILA DARI ASHAR SAMPAI MAGHRIB TIDAK BERBUAT DOSA.
v SHOLAT MAGHRIB YANG KHUSUK artinya
APABILA DARI MAGHRIB SAMPAI ISYA TIDAK BERBUAT DOSA.
v SHOLAT ISYA YANG KHUSUK artinya
APABILA DARI ISYA SAMPAI SUBUH TIDAK BERBUAT DOSA.
PENGERTIAN MENGERJAKAN SHOLAT DAN MENDIRIKAN SHOLAT
v MENGERJAKAN SHOLAT
Kalamullah
Qs 4/103. Maka apabila kamu telah menyelesaikan (mngerjakan) sholat (mu), ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring. ).
Ulasan
Setelah kita selesai mengerjakan sholat ingat Allah pada waktu berdiri. Maka kita harus mencegah perbuatan keji dan mungkar ketika kita berdiri. Karena perbuatan dosa bisa dilakukan dengan berdiri.
Setelah kita selesai mengerjakan sholat ingat Allah pada waktu duduk. Maka kita harus mencegah perbuatan keji dan mungkar ketika kita duduk Karena perbuatan dosa bisa dilakukan dengan duduk
Setelah kita selesai mengerjakan sholat ingat Allah pada waktu berbaring. Maka kita harus mencegah perbuatan keji dan mungkar ketika kita berbaring. Karena perbuatan dosa bisa dilakukan dengan berbaring.
v MENDIRIKAN SHOLAT
Kalamullah
Qs 29/45.Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al Qur’an) dan dirikanlah sholat.
Ulasan
Mendirikan sholat atau menegakkan sholat artinya kalau selesai sholat maka harus MENCEGAH berbuat dosa sampai sholat berikutnya.
Contoh.
- Setelah selesai sholat subuh. Maka darisubuh sampai dhuhur mencegah berbuat dosa.
- Setelah selesai sholat dhuhur. Maka dari dhuhur sampai ashar mencegah berbuat dosa.
- Setelah selesai sholat ashar. Maka dari ashar sampai maghrib mencegah berbuat dosa.
- Setelah selesai sholat maghrib. Maka dari mahdrib sampai isya mencegah berbuat dosa.
- Setelah selesai sholat isya. Maka dari isya sampai subuh mencegah berbuat dosa.
v YANG MEMBATALKAN SHOLAT
Yang membatalkan MENGERJAKAN SHOLAT adalah KENTUT DLL.
Yang membatalkan MENDIRIKAN SHOLAT adalah BERBUAT DOSA.
IRONISNYA
Karena selama ini yang ditanamkan kepada umat Islam bahwa sholat yang khusuk itu adalah konsentrasi dalam gerakan dan bacaannya saja, bukan perilaku setelah sholat, maka banyak umat Islam YANG TIDAK MERUBAH PERILAKU SETELAH SHOLAT.
Dengan memahamkan ARTI SHOLAT YANG BENAR sesuai dengan Al-Qur’an dan Sunah maka insya Allah umat Islam akan berubah perilakunya sesuai petunjuk Allah dan Rasulullah saw. Tidak akan ada korupsi, pembunuhan, pencurian, perzinahan dan kejahatan-kejahatan lainya.
(BANDINGKAN
DENGAN SHOLAT YANG KHUSUK
MENURUT UZTAD ABU SANGKAN)
Ulil Albab
Posting Komentar untuk "MEMPERBAIKI AHLAK MANUSIA MELALUI SHOLAT YANG KHUSUK MENURUT AL-QUR’AN"